Senin, 01 Oktober 2007

Adab dalam kehidupan sehari-hari

ADAB-ADAB DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

BismillahirrahmanirrahimAssalamu’alaikum warohmatullahhi wabrokatuh
Adab adalah norma, aturan, tatakrama, baik yang tertulis ataupun tidak tertulis yang harus dipatuhi. Adab-adab yang saya tulis di sini adalah adab-adab yang insya Allah sesuai dengan tuntunan Rasulullah. Banyak diantara kita yang mengetahuinya, tetapi tidak melaksanakan, seringkali melalaikan tuntunan/sunnah Rasul. Tulisan ini dimaksudkan untuk mengingatkan kita kembali (terutama diri saya) agar memperhatikan hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari perilaku kita, apakah sudah sesuai dengan tuntunan Rasulullah.
Islam adalah agama yang paripurna. Sempurna. Di dalamnya telah diatur semua aspek kehidupan. Dari hal-hal yang paling kecil, sederhana, sampai ke hal hal yang besar. Dari masalaah makanan, sampai ke masalah perekonomian, politik, sosial, dan budaya, semuanya tidak luput dari ajaran Islam. Sungguh teramat lengkap. Karena tketerbatasan kemampuan saya, dibawah ini saya tulis tentang hal-hal kecil saja, kegiatanyang biasa kita lakukan sehari-hari. Semoga apa yang kita lakukan, sesuai dengan tuntunan/petunjuk asulullah.
Membaca basmallah (Bismillahirrahmanirrahim) merupakan hal yang wajib dilakukan oleh seorang muslim sebelum emlakukan pekerjaan apapun. Jadi adab-adab dengan membaca basmallah tidak perlu disebutkan, karena sudah menjadi ketentuan umum
Adab-adab Keluar Rumah1. Memulai dengan niat untuk tujuan kebaikan2. Menutup aurat, berpakaian yang sopan3. Meminta izin atau memberi tahu tempat yang akan dituju kepada keluarga/teman4. Membaca doa:Bismillahitawakkaltu alallah, lahaula wala quwata illa billahArtinya:
“Dengan nama Allah aku berserah diri kepada-Nya,dan tiada upaya kecuali dengan pertolongan Allah”
5. Melangkahkan kaki keluar rumah dengan kaki kiri
Adab-adab masuk rumah1. Berdzikir atau membaca do’a:Bismillahi walujna, wabismillahi khorojna, wa’ala Robbina tawakkalna.Artinya:
Dengan nama Allah, kami masuk (ke rumah), dengan nama Allah,kami keluar (darinya) dan kepada Tuhan kami, kami bertawakkal.
2. Ucapkan salam:Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh3. Masuk rumah dengan melangkahkan kaki kanan
Adab-adab makan1. Membaca do’a:Allahumma bariklana fima razaqtana waqina adza bannar.Artinya :
“Yaa Allah, berkatilah rezeki yang engkau berikan kepada kami,dan peliharalah kami dari siksa api neraka” 2. Segera memakan makanan yang telah dihidangkan3. Mempersilahkan orang yang berada disebelah kanan kita terlebih dahulu, kemudian sebelah kiri kita, baru memulai makan.4. Posisi duduk, kaki kiri dilipat sehingga tumit menjadi sandaran.5. Mengambil makanan yang paling dekat dengan kita6. Menggunakan tangan kanan, memakai 3 jari.



Keluarga Besar Seksi P2
Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1428 H
Semoga Kita Dalam Lindungan Allah SWT
Amin.

Tidak ada komentar: